Petuah Pohon - JagadMart
SUBTOTAL :
Buku JagadPress
Petuah Pohon

Petuah Pohon

Buku JagadPress
Keterangan:

Deskripsi Produk

Judul: Petuah Pohon
Penulis: Zia Ul Haq
Dimensi: 214 hal; 14x20cm
Penerbit: JagadPress bekerjasama
dengan Diandra Creative
Harga: Rp50.000,-

SOLD OUT

Bertabur kearifan yang terhidang dalam hal-hal sederhana di sekitar kita. Untungnya, manusia sudah dibekali oleh Tuhan dengan akal untuk mengupas pelajaran yang ada dalam fenomena-fenomena itu. Entah kecil atau besar, entah penting atau sepele, semuanya bermakna.

Makna yang bisa kita panen tergantung pada kemauan kita untuk membaca berbagai fenomena yang terjadi. Pendengaran, penglihatan, peraba, pengecap, pembau, penalaran, maupun perasa adalah sarana untuk memetik kuntum-kuntum kearifan yang terhidang. Inilah pendidikan alami yang sedianya menjadi fitrah bagi makhluk berakal dan berjiwa bernama manusia.

Ketika pendidikan alami ini telah dilakoni dengan baik oleh seseorang, maka laku kehidupannya pun lebih terarah dan tertata. Jauh dari keputusasaan dan cenderung penuh ketenteraman. Hal-hal yang sebelumnya menggelisahkan justru menjadi anugerah baginya. Pahit dan manis sama berharganya, berhasil tak melenakannya dan gagal pun tak melemahkannya.

Namun semua itu tergantung pada pembacaan kita masing-masing. Selembar daun yang jatuh ke tanah bisa mengandung seribu bentuk kearifan bagi seribu orang pembacanya. Maka kemampuan membaca fenomena kehidupan adalah satu hal yang patut selalu kita asah. Karena jatah umur kita terlalu berharga bila dilewatkan tanpa makna begitu saja.

Lingkungan menasehati manusia dengan caranya sendiri. Nasehat paling vulgar adalah dalam bentuk masalah dan segala ketidakberesan. Maka berbagai problem yang menimpa sejatinya hanyalah metode pendidikan bagi manusia.

Dalam buku ini, Bagian Akar menyajikan analogi-analogi sederhana tentang kearifan dalam fenomena alam. Bagian Batangmenuturkan fabel-fabel sarat kebijaksanaan dan anekdot-anekdot singkat tentang pola pikir. Bagian terakhir, Cabang, menghidangkan potongan-potongan kisah inspiratif anak manusia dalam menghadapi problematika kehidupannya.

Garis besar buku ini adalah bahwa betapa pentingnya menata pola pikir dalam menghadapi berbagai masalah. Karena dari pikiranlah sebenarnya masalah bermuara. Dan untuk memahami betapa berharganya kesehatan pola pikir, kejadian-kejadian alamiah yang berkaitan dengan lingkungan dan manusia sudah sangat jelas menjabarkannya. Maka buku ini berupaya menyajikan sekelumit petuah-petuah itu.

Sebagaimana fungsinya, buku ini hanya menghidangkan saja. Sedangkan kesimpulan tentang kebijaksanaan diserahkan sepenuhnya pada pembaca. Namun tentu, penulis tetap memendam harap. Meski sederhana, semoga buku ini bermanfaat. []


0 Reviews:

Post Your Review