Khasiat Rahasia Ayat Al-Quran - JagadMart
SUBTOTAL :
Buku JagadPress
Khasiat Rahasia Ayat Al-Quran

Khasiat Rahasia Ayat Al-Quran

Buku JagadPress
Keterangan:

Deskripsi Produk

Judul: Khasiat Rahasia Ayat-ayat Al-Quran
Penulis: Imam Al-Ghazali
Penerjemah: As'ad Syamsul 'Arifin
Dimensi: xxi+114 hal; 14x20cm
Penerbit: JagadPress
Harga: Rp55.000,-

Kitab ini adalah salah satu peninggalan kebudayaan Islam yang membahas tentang khasiat ayat-ayat al-Qur’an (Khowash al-Qur’an), berkaitan dengan ilmu pengobatan non medis (ath-Thib ar-Ruhani) terhadap berbagai macam penyakit. Baik yang bersifat fisik ataupun non fiisik yang biasa dikenal dengan sebutan ruqyah (suwuk/jampi).

Dalam penerjemahan kitab ini, penerjemah berpegang kepada kitab yang telah ditahqiq oleh Syaikh Majdi Muhammad asy-Syahawi, seorang pengkaji keilmuan Islam kontemporer yang berasal dari Mesir. Naskah kitab yang beliau tahqiq ini berasal dari salah satu manuskrip yang tersimpan di perpustakaan Vatikan dengan nomor (1140 VATIKAN ARABE), tertulis dengan khat Naskhi dan terdiri dari 41 lembar.

Selain Imam Al-Ghazali, ada beberapa ulama lain yang telah menulis kitab bertema senada dengan kitab Khowash al-Qur’an ini, di antaranya adalah; Kasyf Sirr al-Mashun wa al-‘Ilm al-Maknun fi Syarh Khowash al-Qur’an al-‘Adzim wa Manafi’ih karya Imam Muhammad bin Ahmad bin Said at-Tamimi, Durr an-Nadzim fi Khowash al-Qur’an al-‘Adzim karya Imam al-Yafi’i, dan Imam Jalaluddin as-Suyuthi.

Imam as-Suyuthi menyampaikan pembahasan Khowash al-Qur’an dalam salah satu bab di dalam kitabnya yang monumental yaitu Al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an. Beliau menyampaikan di dalam bab tersebut bahwa sebagian besar apa yang disampaikan oleh ulama-ulama pada kitab-kitab di atas adalah merupakan riwayat yang disandarkan dari hasil percobaan (eksperimen, praktek) yang dilakukan oleh orang-orang saleh terdahulu.

Imam Ibnu Hajar al-Asqalani di dalam kitabnya, Fath al-Bari Syarh Sahih al-Bukhari, mengutip ungkapan yang disampaikan oleh Imam Ibnu at-Tin: “Ruqyah yang dilakukan dengan menggunakan ayat-ayat perlidungan (al-Mu’awwidzat) dan selainnya dari berbagai Asma Allah Ta’ala disebut dengan istilah ath-Thib ar-Ruhani (pengobatan rohani). Ruqyah ini jika diucapkan oleh lisan orang-orang baik (al-Abror) maka pengobatan akan bisa berhasil dengan izin Allah Ta’ala.”

Semoga terjemahan ini bisa menjadi sarana untuk menyebarkan ilmu Allah Ta’ala yang di kemudian hari bisa dimanfaatkan oleh kaum muslimin seluas-luasnya. []


0 Reviews:

Post Your Review